RPPH


 Contoh Beberapa RPPH

RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA SENI


Hari/tanggal               : ...................... 200...
Kelompok Usia          : 4 -5 tahun                      
Jumlah Anak              : 10 anak                         
Tema                          : Binatang
Sub Tema                    : Binatang buas
         
WAKTU                                    KEGIATAN
07.00 – 07.30    Kegiatan Pembukaan :
07.00 – 07.10    Berbaris dan masuk kelas
07.10 – 07.30    Berdoa dan bercerita tentang binatang buas
                               ciptaan  Tuhan.
                               Kegiatan jasmani : bermain “Buaya dan Sungai”
                               Lagu : “Buaya Menyebrang Sungai”
07.30 – 09.20    Kegiatan Inti
 * Pijakan lingkungan
·         Membuat topeng kepala binatang buas            
·         Menjahit bentuk buaya                                   
·         Menggambar di meja                                                                                   
* Pijakan sebelum bermain
·         Bercerita tentang : Kebun Binatang
·         Kosakata : cakar, taring, mangsa.
·         Gagasan menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan yang ada.
·         Mendiskusikan aturan main :
-        Tidak merebut mainan teman
-         Meminta ijin jika akan bergabung dengan teman
-         Mengembalikan mainan ke tempat semula setelah bermain
-         Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang dapat   menirukan suara-suara (misal : harimau) dapat bermain terlebih dahulu.
 * Pijakan saat main :
·         Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
·                Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
·                Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari pekerjaan anak.
·         Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif
* Pijakan setelah main
·         Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke tempat semula
·         Mengulas kembali kegiatan main
·         Berbagi cerita
·         Memperkuat perilaku anak yang positif
09.20 – 09.45    Kegiatan Penutup
·                Makan bekal dan pulang
·                Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.


Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                    Guru Sentra


(SRI SUKATI )                                                                     (ISMI HIDAYATI,S.Pd.)








RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA SENI

Hari/tanggal               : ...................... 200...
Kelompok Usia          : 4 -5 tahun                      
Jumlah Anak              : 10 anak                         
Tema                          : Binatang
Sub Tema                    : Binatang buas
         
WAKTU                                    KEGIATAN
07.00 – 07.30    Kegiatan Pembukaan :
07.00 – 07.10    Berbaris dan masuk kelas
07.10 – 07.30    Berdoa dan bercerita tentang binatang buas
                               ciptaan  Tuhan.
                               Kegiatan jasmani : bermain “Buaya dan Sungai”
                               Lagu : “Buaya Menyebrang Sungai”
07.30 – 09.20    Kegiatan Inti
 * Pijakan lingkungan
·         Membuat kebun binatang (proyek )                  
·         Melukis gambar binatang dengan lilin               
·         Mencocok kepala binatang buas                      
·         Bermain playdough                                        
* Pijakan sebelum bermain
·         Bercerita tentang : Kebun Binatang
·         Kosakata : cakar, taring, mangsa.
·         Gagasan menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan yang ada.
·         Mendiskusikan aturan main :
-        Tidak merebut mainan teman
-         Meminta ijin jika akan bergabung dengan teman
-         Mengembalikan mainan ke tempat semula setelah bermain
-         Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang dapat   menirukan suara-suara (misal : harimau) dapat bermain terlebih dahulu.
 * Pijakan saat main :
·         Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
·                Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
·                Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari pekerjaan anak.
·         Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif
* Pijakan setelah main
·         Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke tempat semula
·         Mengulas kembali kegiatan main
·         Berbagi cerita
·         Memperkuat perilaku anak yang positif
09.20 – 09.45    Kegiatan Penutup
·                Makan bekal dan pulang
·                Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.


Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                    Guru Sentra


(SRI SUKATI )                                                                     (ISMI HIDAYATI,S.Pd.)






RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA SENI

Hari/tanggal               : ...................... 200...
Kelompok Usia          : 4 -5 tahun                      
Jumlah Anak              : 10 anak                         
Tema                          : Binatang
Sub Tema                    : Binatang buas
         
WAKTU                                    KEGIATAN
07.00 – 07.30    Kegiatan Pembukaan :
07.00 – 07.10    Berbaris dan masuk kelas
07.10 – 07.30    Berdoa dan bercerita tentang binatang buas
                               ciptaan  Tuhan.
                               Kegiatan jasmani : bermain “Buaya dan Sungai”
                               Lagu : “Buaya Menyebrang Sungai”
07.30 – 09.20    Kegiatan Inti
 * Pijakan lingkungan
·         Thumbprint (jejak kaki binatang)                     
·         Bermain playdough                                        
·         Menggambar di meja                                                                                   
* Pijakan sebelum bermain
·         Bercerita tentang : Kebun Binatang
·         Kosakata : cakar, taring, mangsa.
·         Gagasan menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan yang ada.
·         Mendiskusikan aturan main :
-        Tidak merebut mainan teman
-         Meminta ijin jika akan bergabung dengan teman
-         Mengembalikan mainan ke tempat semula setelah bermain
-         Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang dapat   menirukan suara-suara (misal : harimau) dapat bermain terlebih dahulu.
 * Pijakan saat main :
·         Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
·                Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
·                Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari pekerjaan anak.
·         Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif
* Pijakan setelah main
·         Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke tempat semula
·         Mengulas kembali kegiatan main
·         Berbagi cerita
·         Memperkuat perilaku anak yang positif
09.20 – 09.45    Kegiatan Penutup
·                Makan bekal dan pulang
·                Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.


Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                    Guru Sentra


(SRI SUKATI )                                                                     (ISMI HIDAYATI,S.Pd.)







RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA BAHAN ALAM

Hari/tanggal                          : ...................... 200...
Tema                          : Binatang
Sub Tema                   : Binatang buas
Kelompok Usia            : 4 -5 tahun                      
Jumlah Anak              : 10 anak             
           
WAKTU              KEGIATAN
07.00 – 07.30    Kegiatan Pembukaan
07.00 – 07.10    Berbaris dan masuk kelas
07.10 – 07.30    Berdoa dan bercerita tentang ular sebagai
                              binatang buas yang membujuk manusai pertama.
                              Kegiatan jasmani  : bermain “Ular Naga”
                              Lagu : Ular naga panjangnya bukan kepalang.
Menjalar-jalar selalu kian kemari
Umpan yang lezat itulah yang dicari
Ini dianya yang terbelakang
07.30 – 09.20    Kegiatan Inti
* Pijakan lingkungan
·         Membuat hutan/gurun dgn  pasir putih             
·         Kolase sisik ular dari rautan pensil                   
·         Melukis di papan easel                                                                            
·         Aneka ular dari playdough                              
·         Membuat kandang ular dgn bata, pasir, air       
·         Menggunting gambar ular                               
·         Melukis di meja                                              
·         Ular-ular dan air                                            
* Pijakan sebelum bermain
·         Bercerita dari buku “Ular Makan Tikus
·         Kosakata : sisik, bisa, merayap
·         Gagasan menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan yang ada.
·         Mendiskusikan aturan main
~       Memakai celemek saat bermain air
~       Minta ijin saat akan pindah main
~        Membereskan mainan setelah selesai bermain
·          Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang
           dapat   menjawab pertanyaan guru seputar cerita, boleh bermain terlebih dahulu.
* Pijakan saat main :
·         Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
·         Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main         yang sedang dilakukan
·         Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari kegiatan anak.
·         Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif
* Pijakan setelah main
·         Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke tempat semula dan menggantungkan kembali celemek yang dipakai.
·         Mengulas kembali kegiatan main
·         Berbagi cerita
·         Memperkuat perilaku anak yang positif
09.20 – 09.45   Kegiatan Penutup 
           Makan bekal dan pulang
           Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                    Guru Sentra


(SRI SUKATI )                                                                     (ISMI HIDAYATI,S.Pd.)
RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA BERMAIN DRAMA

Hari/tanggal              : ...................... 200...
Tema                          : Binatang Buas
Sub Tema                   : Kebun binatang
Kelompok Usia          : 4 -5 tahun                      
Jumlah Anak              : 10 anak                         

WAKTU                                    KEGIATAN
07.00 – 07.10    Berbaris dan masuk kelas
07.10 – 07.30    Berdoa dan bercerita tentang binatang buas
ciptaan  Tuhan yang perlu makanan dan minuman agar tetap hidup.
                              Kegiatan jasmani : bermain “berjalan-jalan dihutan”,  sambil bergerak menirukan gerakan binatang.
                              Lagu :  Kita berjalan-jalan di dalam hutan
                                   Dan melihat seekor binatang jalan.
                                   Binatang apakah itu -2x
                                   Binatang ……(harimau, ular, singa) yang berjalan
                                   Beginilah jalannya-6x (menirukan gerakan binatang)
07.30 – 09.20    Kegiatan inti
 * Pijakan lingkungan
·  Setting : keluarga dan kebun binatang (loket, binatang-binatang dalam kandang, cafeteria)
·  Peran :
~  Ibu                                   : 1 anak           ~  Penjual tiket                      : 1 anak
~  Ayah                                : 1 anak           ~  Harimau                            : 2 anak
~  Anak                                : 2 anak           ~  Beruang                             : 2 anak
~  Beruang                                      : 2 anak           ~  Penjaga cafeteria                          : 1 anak
~  Singa                                : 1 anak
* Pijakan sebelum bermain
·         Bercerita tentang : Penjaga Hutan (Zoo Keeper)r
·         Kosakata : pawang, kandang, karnivora
·         Gagasan menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain / alur cerita dari peran yang ada.
·         Mendiskusikan aturan main
~   Bermain sesuai peran
~   Berbagi alat main dengan teman
~   Membereskan mainan setelah selesai bermain
·         Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang berperan sebagai …..boleh menyiapkan alat main terlebih dahulu.
* Pijakan saat main :
·         Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
·         Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
·         Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari bangunan anak.
·         Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif
  * Pijakan setelah main
·         Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke tempat semula
·         Mengulas kembali kegiatan main
·         Berbagi cerita
·         Memperkuat perilaku anak yang positif
09.20 – 09.45    Kegiatan Penutup
Makan bekal dan pulang
                      Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                    Guru Sentra


(SRI SUKATI )                                                                     (ISMI HIDAYATI,S.Pd.)
                                               
                                                RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA PERSIAPAN

Hari/tanggal              : ...................... 200...
Tema                          : Binatang
Sub Tema                   : Binatang Buas
Kelompok Usia          : 4 -5 tahun                      
Jumlah Anak              : 10 anak                         

WAKTU                                    KEGIATAN
07.10 – 07.30     Kegiatan Pembuka
Berdoa dan bercerita tentang Bp Adam dan Ibu Hawa  memberi nama kepada binatang-binatang buas..
Kegiatan jasmani  : bergerak menirukan gerakan binatang menuju kotak angka yang disebutkan guru.
                                   Lagu :   I look lion, look lion, look lion
                                                I look tiger, look tiger, look tiger
                                                I look snake, snake, snake,snake
                                                I look bear, bear, bear, bear
                                                I look, I look, I look animals
07.30 – 09.20    Kegiatan Inti
* Pijakan lingkungan
·         Memasangkan gambar binatang  dan makanannya
·         Meronce manik-manik binatang                       
·         Mengelompokkan  binatang buas & bukan        
* Pijakan sebelum bermain
·         Bercerita tentang : tamasya ke kebun binatang
·         Kosakata :  mengaum, mendesis, menggonggong.
·         Gagasan menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan main yang ada.
·         Mendiskusikan aturan main
~   Minta ijin jika akan pindah main
~   Bermain sampai selesai
~   Membereskan mainan setelah selesai bermain
·         Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang dapat memakai kaos kaki warna …., boleh bermain terlebih dahulu.
* Pijakan saat main :
·         Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
·         Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
·         Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari bangunan anak.
·         Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif
* Pijakan setelah main
·         Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke tempat semula
·         Mengulas kembali kegiatan main
·         Berbagi cerita
·         Memperkuat perilaku anak yang positif
09.20 – 09.45    Kegiatan Penutup
-           Makan bekal dan pulang
-           Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.



Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                    Guru Sentra


(SRI SUKATI )                                                                     (ISMI HIDAYATI,S.Pd.)




RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA PERSIAPAN

Hari/tanggal              : ...................... 200...
Tema                          : Binatang
Sub Tema                   : Binatang Buas
Kelompok Usia          : 4 -5 tahun                      
Jumlah Anak              : 10 anak                         

WAKTU                                    KEGIATAN
07.10 – 07.30     Kegiatan Pembuka
Berdoa dan bercerita tentang Bp Adam dan Ibu Hawa  memberi nama kepada binatang-binatang buas..
Kegiatan jasmani  : bergerak menirukan gerakan binatang menuju kotak angka yang disebutkan guru.
                                   Lagu :   I look lion, look lion, look lion
                                                I look tiger, look tiger, look tiger
                                                I look snake, snake, snake,snake
                                                I look bear, bear, bear, bear
                                                I look, I look, I look animals
07.30 – 09.20    Kegiatan Inti
* Pijakan lingkungan
·         Menggambar                                                 
·         Menjepit tulisan nama binatang                       
·         Menghitung binatang buas                              
* Pijakan sebelum bermain
·         Bercerita tentang : tamasya ke kebun binatang
·         Kosakata :  mengaum, mendesis, menggonggong.
·         Gagasan menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan main yang ada.
·         Mendiskusikan aturan main
~   Minta ijin jika akan pindah main
~   Bermain sampai selesai
~   Membereskan mainan setelah selesai bermain
·         Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang dapat memakai kaos kaki warna …., boleh bermain terlebih dahulu.
* Pijakan saat main :
·         Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
·         Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
·         Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari bangunan anak.
·         Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif
* Pijakan setelah main
·         Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke tempat semula
·         Mengulas kembali kegiatan main
·         Berbagi cerita
·         Memperkuat perilaku anak yang positif
09.20 – 09.45    Kegiatan Penutup
-           Makan bekal dan pulang
-           Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.


Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                    Guru Sentra


(SRI SUKATI )                                                                     (ISMI HIDAYATI,S.Pd.)





RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA PERSIAPAN

Hari/tanggal              : ...................... 200...
Tema                          : Binatang
Sub Tema                   : Binatang Buas
Kelompok Usia          : 4 -5 tahun                      
Jumlah Anak              : 10 anak                         

WAKTU                                    KEGIATAN
07.10 – 07.30     Kegiatan Pembuka
Berdoa dan bercerita tentang Bp Adam dan Ibu Hawa  memberi nama kepada binatang-binatang buas..
Kegiatan jasmani  : bergerak menirukan gerakan binatang menuju kotak angka yang disebutkan guru.
                                   Lagu :   I look lion, look lion, look lion
                                                I look tiger, look tiger, look tiger
                                                I look snake, snake, snake,snake
                                                I look bear, bear, bear, bear
                                                I look, I look, I look animals
07.30 – 09.20    Kegiatan Inti
* Pijakan lingkungan
·         Puzzle binatang                                             
·         Memasangkan gambar binatang buas dengan tulisannya                                                     
·         Menulis  huruf pertama nama binatang dengan menjiplak di atas kain.                                                   
* Pijakan sebelum bermain
·         Bercerita tentang : tamasya ke kebun binatang
·         Kosakata :  mengaum, mendesis, menggonggong.
·         Gagasan menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan main yang ada.
·         Mendiskusikan aturan main
~   Minta ijin jika akan pindah main
~   Bermain sampai selesai
~   Membereskan mainan setelah selesai bermain
·         Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang dapat memakai kaos kaki warna …., boleh bermain terlebih dahulu.
* Pijakan saat main :
·         Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
·         Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
·         Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari bangunan anak.
·         Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif
* Pijakan setelah main
·         Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke tempat semula
·         Mengulas kembali kegiatan main
·         Berbagi cerita
·         Memperkuat perilaku anak yang positif
09.20 – 09.45    Kegiatan Penutup
-           Makan bekal dan pulang
-           Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.



Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                    Guru Sentra


(SRI SUKATI )                                                                     (ISMI HIDAYATI,S.Pd.)



RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA BALOK

Hari/tanggal                          : ...................... 200...
Tema                          : Binatang
Sub Tema                   : Binatang Buas
Kelompok Usia          : 4 -5 tahun            
Jumlah Anak              : 10 anak                

WAKTU              KEGIATAN
07.00 – 07.30    Kegiatan Pembuka
07.00 – 07.10    Berbaris dan masuk kelas
07.10 – 07.30    Berdoa dan bercerita tentang binatang buas perlu tempat tinggal.
   Kegiatan jasmani :
bermain “berjalan-jalan di hutan” sambil   bergerak menirukan gerakan binatang. Lagu :  Kita berjalan-jalan di dalam hutan
                                                        Dan melihat seekor binatang jalan.
                                                        Binatang apakah itu -2x
                                                        Binatang ……(harimau, ular, singa) yang berjalan
                                                        Beginilah jalannya-6x (menirukan gerakan binatang)
07.30 – 09.20    Kegiatan inti
* Pijakan lingkungan
·         Bangunan yang ditawarkan : kebun binatang, hutan, kandang hewan buas, klinik binatang.
·         Kelompok main :  ~  Kelompok I   ®    2 anak (kebun binatang)
 Kelompok II  ®    2 anak (kandang harimau)
~  Kelompok III ®    3 anak (kandang ular)
~  Kelompok IV ®    3 anak (klinik hewan)
* Pijakan sebelum bermain
·         Bercerita tentang : binatang buas
·         Kosakata : hutan, kandang, klinik hewan.
·         Gagasan menggunakan bahan : memberi gagasan tentang bangunan yang akan dibuat.
·         Mendiskusikan pembagian kelompok.
·         Aturan main :
~   Membangun di atas alas
~   Membangun jauh dari rak balok
~   Mengucapkan permisi jika melewati bangunan teman
·         Merancang transisi urutan main 2 variabel : kelompok yang terdiri dari ….. anak yang akan membangun …. boleh bermain terlebih dahulu.
* Pijakan saat main :
·         Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
·         Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
·         Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari bangunan anak.
·         Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif.
* Pijakan setelah main
·         Mempersilakan anak mengembalikan balok dan asesoris ke tempat semula
·         Mengulas kembali kegiatan main dan berbagi cerita.
·         Memperkuat perilaku anak yang positif
09.20 – 09.45  Kegiatan Penutup   
Makan bekal dan pulang
Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                    Guru Sentra


(SRI SUKATI )                                                                     (ISMI HIDAYATI,S.Pd.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar