Contoh Beberapa RPPH
RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA SENI
Hari/tanggal : ............., ......... 200...
Kelompok
Usia : 4 -5
tahun
Jumlah
Anak : 10
anak
Tema : Binatang
Sub
Tema :
Binatang buas
WAKTU KEGIATAN
07.00
– 07.30 Kegiatan Pembukaan :
07.00 – 07.10 Berbaris dan masuk
kelas
07.10 – 07.30 Berdoa dan bercerita
tentang binatang buas
ciptaan Tuhan.
Kegiatan
jasmani : bermain “Buaya dan Sungai”
Lagu : “Buaya Menyebrang Sungai”
07.30 – 09.20 Kegiatan Inti
* Pijakan lingkungan
· Membuat
topeng kepala binatang buas
· Menjahit
bentuk buaya
· Menggambar
di
meja
*
Pijakan
sebelum bermain
· Bercerita
tentang : Kebun Binatang
· Kosakata
: cakar, taring, mangsa.
· Gagasan
menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan yang ada.
· Mendiskusikan
aturan main :
- Tidak merebut mainan teman
- Meminta ijin jika akan bergabung dengan
teman
- Mengembalikan mainan ke tempat semula
setelah bermain
- Merancang transisi urutan main 2
variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang dapat menirukan suara-suara (misal : harimau) dapat
bermain terlebih dahulu.
* Pijakan saat main :
· Mengobservasi
dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
·
Memperluas
bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang
dilakukan
·
Mendukung
dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan
dari pekerjaan anak.
· Memberi
motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif
* Pijakan setelah main
· Mempersilakan
anak mengembalikan mainan ke tempat semula
· Mengulas
kembali kegiatan main
· Berbagi
cerita
· Memperkuat
perilaku anak yang positif
09.20
– 09.45 Kegiatan
Penutup
·
Makan
bekal dan pulang
·
Pesan-pesan
untuk kegiatan esok hari.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Sentra
(SRI
SUKATI ) (ISMI HIDAYATI,S.Pd.)
RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA SENI
Hari/tanggal : ............., ......... 200...
Kelompok
Usia : 4 -5
tahun
Jumlah
Anak : 10
anak
Tema : Binatang
Sub
Tema :
Binatang buas
WAKTU KEGIATAN
07.00
– 07.30 Kegiatan Pembukaan :
07.00 – 07.10 Berbaris dan masuk
kelas
07.10 – 07.30 Berdoa dan bercerita
tentang binatang buas
ciptaan Tuhan.
Kegiatan
jasmani : bermain “Buaya dan Sungai”
Lagu : “Buaya Menyebrang Sungai”
07.30 – 09.20 Kegiatan Inti
* Pijakan lingkungan
· Membuat
kebun binatang (proyek
)
· Melukis
gambar binatang dengan lilin
· Mencocok
kepala binatang buas
· Bermain
playdough
* Pijakan sebelum bermain
· Bercerita
tentang : Kebun Binatang
· Kosakata
: cakar, taring, mangsa.
· Gagasan
menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan yang ada.
· Mendiskusikan
aturan main :
- Tidak merebut mainan teman
- Meminta ijin jika akan bergabung dengan
teman
- Mengembalikan mainan ke tempat semula
setelah bermain
- Merancang transisi urutan main 2
variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang dapat menirukan suara-suara (misal : harimau) dapat
bermain terlebih dahulu.
* Pijakan saat main :
· Mengobservasi
dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
·
Memperluas
bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang
dilakukan
·
Mendukung
dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan
dari pekerjaan anak.
· Memberi
motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif
* Pijakan setelah main
· Mempersilakan
anak mengembalikan mainan ke tempat semula
· Mengulas
kembali kegiatan main
· Berbagi
cerita
· Memperkuat
perilaku anak yang positif
09.20
– 09.45 Kegiatan
Penutup
·
Makan
bekal dan pulang
·
Pesan-pesan
untuk kegiatan esok hari.
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Sentra
(SRI
SUKATI
) (ISMI HIDAYATI,S.Pd.)
RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA SENI
Hari/tanggal : ............., ......... 200...
Kelompok
Usia : 4 -5
tahun
Jumlah
Anak : 10 anak
Tema : Binatang
Sub
Tema :
Binatang buas
WAKTU KEGIATAN
07.00
– 07.30 Kegiatan Pembukaan :
07.00 – 07.10 Berbaris dan masuk
kelas
07.10 – 07.30 Berdoa dan bercerita
tentang binatang buas
ciptaan Tuhan.
Kegiatan
jasmani : bermain “Buaya dan Sungai”
Lagu : “Buaya Menyebrang Sungai”
07.30 – 09.20 Kegiatan Inti
* Pijakan lingkungan
· Thumbprint
(jejak kaki binatang)
· Bermain
playdough
· Menggambar
di
meja
* Pijakan sebelum bermain
· Bercerita
tentang : Kebun Binatang
· Kosakata
: cakar, taring, mangsa.
· Gagasan
menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan yang ada.
· Mendiskusikan
aturan main :
- Tidak merebut mainan teman
- Meminta ijin jika akan bergabung dengan
teman
- Mengembalikan mainan ke tempat semula
setelah bermain
- Merancang transisi urutan main 2
variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang dapat menirukan suara-suara (misal : harimau) dapat
bermain terlebih dahulu.
* Pijakan saat main :
· Mengobservasi
dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
·
Memperluas
bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang
dilakukan
·
Mendukung
dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan
dari pekerjaan anak.
· Memberi
motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif
* Pijakan setelah main
· Mempersilakan
anak mengembalikan mainan ke tempat semula
· Mengulas
kembali kegiatan main
· Berbagi
cerita
· Memperkuat
perilaku anak yang positif
09.20
– 09.45 Kegiatan
Penutup
·
Makan
bekal dan pulang
·
Pesan-pesan
untuk kegiatan esok hari.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Sentra
(SRI
SUKATI
) (ISMI HIDAYATI,S.Pd.)
RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA BAHAN ALAM
Hari/tanggal : ............., ......... 200...
Tema : Binatang
Sub
Tema :
Binatang buas
Kelompok
Usia : 4 -5
tahun
Jumlah
Anak : 10
anak
WAKTU KEGIATAN
07.00 – 07.30 Kegiatan Pembukaan
07.00 – 07.10 Berbaris dan masuk
kelas
07.10 – 07.30 Berdoa dan bercerita
tentang ular sebagai
binatang buas
yang membujuk manusai pertama.
Kegiatan jasmani : bermain
“Ular Naga”
Lagu : Ular naga panjangnya bukan kepalang.
Menjalar-jalar selalu kian kemari
Umpan yang lezat itulah yang dicari
Ini dianya yang
terbelakang
07.30
– 09.20 Kegiatan Inti
* Pijakan lingkungan
· Membuat
hutan/gurun dgn pasir
putih
· Kolase
sisik ular dari rautan
pensil
· Melukis
di papan
easel
· Aneka
ular dari
playdough
· Membuat
kandang ular dgn bata, pasir, air
· Menggunting
gambar
ular
· Melukis
di
meja
· Ular-ular
dan
air
* Pijakan sebelum
bermain
· Bercerita dari buku
“Ular Makan Tikus”
· Kosakata
: sisik, bisa, merayap
· Gagasan
menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan yang ada.
· Mendiskusikan
aturan main
~ Memakai celemek saat bermain air
~
Minta ijin saat akan pindah main
~ Membereskan mainan setelah selesai bermain
·
Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang
dapat menjawab pertanyaan guru seputar cerita,
boleh bermain terlebih dahulu.
* Pijakan saat main :
· Mengobservasi
dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
· Memperluas
bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
· Mendukung
dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan
dari kegiatan anak.
· Memberi
motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif
* Pijakan setelah main
· Mempersilakan anak
mengembalikan mainan ke tempat semula dan menggantungkan kembali celemek
yang dipakai.
· Mengulas
kembali kegiatan main
· Berbagi
cerita
· Memperkuat
perilaku anak yang positif
09.20 –
09.45 Kegiatan Penutup
Makan bekal dan pulang
Pesan-pesan
untuk kegiatan esok hari.
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Sentra
(SRI
SUKATI ) (ISMI HIDAYATI,S.Pd.)
RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA BERMAIN DRAMA
Hari/tanggal : ............., ......... 200...
Tema : Binatang Buas
Sub
Tema :
Kebun binatang
Kelompok
Usia : 4 -5
tahun
Jumlah
Anak : 10
anak
WAKTU KEGIATAN
07.00 – 07.10 Berbaris dan masuk
kelas
07.10 – 07.30 Berdoa dan bercerita tentang binatang
buas
ciptaan Tuhan
yang perlu makanan dan minuman agar tetap hidup.
Kegiatan jasmani :
bermain “berjalan-jalan dihutan”, sambil bergerak menirukan
gerakan binatang.
Lagu
: Kita berjalan-jalan di dalam hutan
Dan melihat seekor binatang jalan.
Binatang
apakah itu -2x
Binatang
……(harimau, ular, singa) yang berjalan
Beginilah
jalannya-6x (menirukan gerakan binatang)
07.30 –
09.20 Kegiatan inti
*
Pijakan lingkungan
· Setting :
keluarga dan kebun binatang (loket, binatang-binatang dalam kandang, cafeteria)
· Peran :
~ Ibu : 1 anak ~ Penjual
tiket : 1 anak
~ Ayah : 1 anak ~ Harimau : 2 anak
~ Anak : 2 anak ~ Beruang : 2 anak
~ Beruang : 2 anak ~ Penjaga
cafeteria : 1 anak
~ Singa : 1 anak
* Pijakan sebelum bermain
· Bercerita
tentang : Penjaga Hutan (Zoo Keeper)r
· Kosakata : pawang,
kandang, karnivora
· Gagasan menggunakan
bahan : menjelaskan cara bermain / alur cerita dari peran yang ada.
· Mendiskusikan
aturan main
~ Bermain
sesuai peran
~ Berbagi
alat main dengan teman
~ Membereskan
mainan setelah selesai bermain
· Merancang
transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang berperan
sebagai …..boleh menyiapkan alat main terlebih dahulu.
* Pijakan saat main :
· Mengobservasi
dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
· Memperluas
bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang
dilakukan
· Mendukung
dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan
dari bangunan anak.
· Memberi
motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif
* Pijakan setelah main
· Mempersilakan anak mengembalikan
mainan ke tempat semula
· Mengulas
kembali kegiatan main
· Berbagi
cerita
· Memperkuat
perilaku anak yang positif
09.20 – 09.45 Kegiatan Penutup
Makan bekal dan pulang
Pesan-pesan
untuk kegiatan esok hari.
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Sentra
(SRI
SUKATI
) (ISMI HIDAYATI,S.Pd.)
RENCANA
KEGIATAN HARIAN
SENTRA PERSIAPAN
Hari/tanggal : ............., ......... 200...
Tema : Binatang
Sub Tema : Binatang Buas
Kelompok
Usia : 4 -5
tahun
Jumlah
Anak : 10
anak
WAKTU KEGIATAN
07.10 – 07.30 Kegiatan Pembuka
Berdoa
dan bercerita tentang Bp Adam dan Ibu Hawa memberi nama kepada
binatang-binatang buas..
Kegiatan
jasmani : bergerak menirukan gerakan binatang menuju kotak angka yang
disebutkan guru.
Lagu
: I look lion, look lion, look lion
I
look tiger, look tiger, look tiger
I look snake, snake, snake,snake
I look bear, bear, bear, bear
I look, I look, I look animals
07.30 –
09.20 Kegiatan Inti
* Pijakan lingkungan
· Memasangkan
gambar binatang dan makanannya
· Meronce
manik-manik
binatang
· Mengelompokkan binatang
buas & bukan
* Pijakan sebelum bermain
· Bercerita
tentang : tamasya ke kebun binatang
· Kosakata
: mengaum, mendesis, menggonggong.
· Gagasan
menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan main yang ada.
· Mendiskusikan
aturan main
~ Minta ijin jika akan pindah main
~ Bermain
sampai selesai
~ Membereskan
mainan setelah selesai bermain
· Merancang
transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang dapat memakai
kaos kaki warna …., boleh bermain terlebih dahulu.
* Pijakan saat main :
· Mengobservasi
dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
· Memperluas
bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang
dilakukan
· Mendukung
dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan
dari bangunan anak.
· Memberi
motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif
* Pijakan setelah main
· Mempersilakan
anak mengembalikan mainan ke tempat semula
· Mengulas
kembali kegiatan main
· Berbagi
cerita
· Memperkuat
perilaku anak yang positif
09.20 – 09.45 Kegiatan Penutup
- Makan bekal dan pulang
-
Pesan-pesan untuk kegiatan esok
hari.
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Sentra
(SRI
SUKATI
) (ISMI HIDAYATI,S.Pd.)
RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA PERSIAPAN
Hari/tanggal : ............., ......... 200...
Tema : Binatang
Sub Tema : Binatang Buas
Kelompok
Usia : 4 -5
tahun
Jumlah
Anak : 10 anak
WAKTU KEGIATAN
07.10 – 07.30 Kegiatan Pembuka
Berdoa
dan bercerita tentang Bp Adam dan Ibu Hawa memberi nama kepada
binatang-binatang buas..
Kegiatan
jasmani : bergerak menirukan gerakan binatang menuju kotak angka
yang disebutkan guru.
Lagu
: I look lion, look lion, look lion
I
look tiger, look tiger, look tiger
I look snake, snake, snake,snake
I look bear, bear, bear, bear
I look, I look, I look animals
07.30 –
09.20 Kegiatan Inti
* Pijakan lingkungan
· Menggambar
· Menjepit
tulisan nama
binatang
· Menghitung
binatang
buas
* Pijakan sebelum bermain
· Bercerita
tentang : tamasya ke kebun binatang
· Kosakata
: mengaum, mendesis, menggonggong.
· Gagasan
menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan main yang ada.
· Mendiskusikan
aturan main
~ Minta ijin jika akan pindah main
~ Bermain
sampai selesai
~ Membereskan
mainan setelah selesai bermain
· Merancang
transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang dapat memakai
kaos kaki warna …., boleh bermain terlebih dahulu.
* Pijakan saat main :
· Mengobservasi
dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
· Memperluas
bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang
dilakukan
· Mendukung
dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan
dari bangunan anak.
· Memberi
motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif
* Pijakan setelah main
· Mempersilakan
anak mengembalikan mainan ke tempat semula
· Mengulas
kembali kegiatan main
· Berbagi
cerita
· Memperkuat
perilaku anak yang positif
09.20 – 09.45 Kegiatan Penutup
- Makan bekal dan pulang
-
Pesan-pesan untuk kegiatan esok
hari.
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Sentra
(SRI SUKATI
) (ISMI HIDAYATI,S.Pd.)
RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA PERSIAPAN
Hari/tanggal : ............., ......... 200...
Tema : Binatang
Sub Tema : Binatang Buas
Kelompok
Usia : 4 -5
tahun
Jumlah
Anak : 10
anak
WAKTU KEGIATAN
07.10 – 07.30 Kegiatan Pembuka
Berdoa
dan bercerita tentang Bp Adam dan Ibu Hawa memberi nama kepada
binatang-binatang buas..
Kegiatan
jasmani : bergerak menirukan gerakan binatang menuju kotak angka
yang disebutkan guru.
Lagu
: I look lion, look lion, look lion
I
look tiger, look tiger, look tiger
I look snake, snake, snake,snake
I look bear, bear, bear, bear
I look, I look, I look animals
07.30 – 09.20 Kegiatan
Inti
* Pijakan lingkungan
· Puzzle
binatang
· Memasangkan gambar
binatang buas dengan tulisannya
· Menulis huruf
pertama nama binatang dengan menjiplak di atas kain.
* Pijakan sebelum bermain
· Bercerita
tentang : tamasya ke kebun binatang
· Kosakata
: mengaum, mendesis, menggonggong.
· Gagasan
menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan main yang ada.
· Mendiskusikan
aturan main
~ Minta ijin jika akan pindah main
~ Bermain
sampai selesai
~ Membereskan
mainan setelah selesai bermain
· Merancang
transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang dapat memakai
kaos kaki warna …., boleh bermain terlebih dahulu.
* Pijakan saat main :
· Mengobservasi
dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
· Memperluas
bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang
dilakukan
· Mendukung
dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan
dari bangunan anak.
· Memberi
motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif
* Pijakan setelah main
· Mempersilakan
anak mengembalikan mainan ke tempat semula
· Mengulas
kembali kegiatan main
· Berbagi
cerita
· Memperkuat
perilaku anak yang positif
09.20 – 09.45 Kegiatan Penutup
- Makan bekal dan pulang
-
Pesan-pesan untuk kegiatan esok
hari.
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Sentra
(SRI
SUKATI
) (ISMI HIDAYATI,S.Pd.)
RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA BALOK
Hari/tanggal : ............., ......... 200...
Tema : Binatang
Sub Tema : Binatang Buas
Kelompok
Usia : 4 -5
tahun
Jumlah
Anak : 10 anak
WAKTU KEGIATAN
07.00
– 07.30 Kegiatan Pembuka
07.00 – 07.10 Berbaris dan masuk
kelas
07.10 – 07.30 Berdoa dan
bercerita tentang binatang buas perlu tempat tinggal.
Kegiatan jasmani :
bermain
“berjalan-jalan di hutan” sambil bergerak menirukan gerakan
binatang.
Lagu : Kita
berjalan-jalan di dalam hutan
Dan melihat seekor
binatang jalan.
Binatang apakah itu -2x
Binatang ……(harimau, ular, singa) yang
berjalan
Beginilah jalannya-6x (menirukan
gerakan binatang)
07.30 –
09.20 Kegiatan inti
* Pijakan lingkungan
· Bangunan
yang ditawarkan : kebun binatang, hutan, kandang hewan buas, klinik binatang.
· Kelompok
main : ~ Kelompok
I ® 2 anak (kebun binatang)
~ Kelompok
II ® 2 anak (kandang harimau)
~ Kelompok
III ® 3 anak (kandang ular)
~ Kelompok
IV ® 3 anak (klinik hewan)
* Pijakan sebelum bermain
· Bercerita
tentang : binatang buas
· Kosakata
: hutan, kandang, klinik hewan.
· Gagasan
menggunakan bahan : memberi gagasan tentang bangunan yang akan dibuat.
· Mendiskusikan
pembagian kelompok.
· Aturan
main :
~ Membangun di atas alas
~ Membangun jauh dari rak balok
~ Mengucapkan permisi jika
melewati bangunan teman
· Merancang
transisi urutan main 2 variabel : kelompok yang terdiri dari ….. anak yang akan
membangun …. boleh bermain terlebih dahulu.
* Pijakan saat main :
· Mengobservasi
dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
· Memperluas
bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
· Mendukung
dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan
dari bangunan anak.
· Memberi
motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif.
* Pijakan setelah main
· Mempersilakan
anak mengembalikan balok dan asesoris ke tempat semula
· Mengulas
kembali kegiatan main dan berbagi cerita.
· Memperkuat
perilaku anak yang positif
09.20 – 09.45
Kegiatan Penutup
Makan bekal dan pulang
Pesan-pesan
untuk kegiatan esok hari.
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Sentra
(SRI
SUKATI
) (ISMI HIDAYATI,S.Pd.)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar