TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN
KB TUNAS BANGSA
Tingkat Pencapaian Perkembangan Kelompok Usia 3 -
<4 Tahun
Lingkup
Perkembangan
|
Tingkat
Pencapaian Perkembangan 3 – <4 tahun
|
|
Permen 58
|
Menu Generik
|
|
I. Nilai-nilai Agama dan
Moral
|
1. Mulai memahami pengertian perilaku yang berlawanan meskipun belum
selalu dilakukan seperti pemahaman perilaku baik-buruk, benar-salah,
sopan-tidak sopan.
2.
Mulai memahami arti kasihan dan sayang kepada ciptaan Tuhan.
3.
Dapat mengucapkan
do’a & lagu keagamaan secara sederhana
4.
Dapat meniru
gerakan ibadah secara sederhana
5.
Dapat mengenal
& menyayangi ciptaan Tuhan
6.
Dapat mengenal
sopan santun dan mulai berperilaku saling menghormati sesama
|
1. Dapat menyanyi kan lagu bernuansa imtaq (1 – 3 lagu)
2. Dapat berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
serta menirukan sikap berdoa
3. Dapat menirukan gerakan ibadah dengan tertib
4. Dapat menyimak dengan baik cerita bernuansa imtaq
5. Dapat meniru dan menyebut kan nama-nama dan beberapa
sifat Tuhan
6. Dapat menunjuk kan rasa sayang dan cinta
kasih kepada ciptaan Tuhan
7. Dapat mengucap kan syair atau
pantun imtaq
8. Dapat menirukan ucapan yang baik
9. Dapat mengucap kan terima kasih
setelah menerima sesuatu
(dengan meniru)
10. Dapat mengucap kan salam
11. Dapat mengenal kata-kata santun
(maaf, tolong)
12. Dapat menghargai teman dan tidak
memaksakan Kehendak
|
II. Motorik
A.Motorik Kasar
|
1. Berlari sambil membawa sesuatu yang ringan
(bola).
2. Naik-turun tangga atau tempat yang lebih tinggi
dengan kaki bergantian.
3. Meniti di atas papan yang cukup lebar.
4. Melompat turun dari ketinggian kurang lebih 20 cm
(di bawah tinggi lutut anak).
5. Meniru gerakan senam sederhana seperti menirukan
gerakan pohon, kelinci melompat).
|
1. Dapat berdiri
dengan satu kaki bergantian
2. Dapat berdiri
dengan satu kaki
3. Dapat berjalan
kedepan dengan tumit
4. Dapat naik
tangga dengan kaki bergantian sambil berpegang pada pegangan tangga
5. Dapat
menuruni tangga dengan kaki bergantian sambil memegang pegangan tangga
6. Dapat melompat
dengan dua kaki ke berbagai arah
7. Dapat melompat dengan satu kaki ke berbagai arah
8. Dapat Melompat dengan dua kaki melewati rintangan
9. Dapat melompat dengan satu kaki melewati rintangan
10.Dapat menendang bola dengan kaki berayun kedepan
dan belakang
11.Dapat berjalan ke depan di balok titian dengan tangan
direntangkan
12.Dapat menangkap bola yang dipantulkan dengan dada
13.Dapat menangkap bola yang
dipantulkan dengan kedua tangan
|
B.Motorik Halus
|
1 Menuang air, pasir, atau
biji-bijian ke dalam tempat penampung (mangkuk, ember).
1.
Memasukkan benda kecil ke dalam botol (potongan lidi, kerikil,
biji-bijian).
2.
Meronce manik-manik yang tidak terlalu kecil dengan benang yang agak
kaku.
3.
Menggunting kertas mengikuti pola garis lurus.
|
1. Dapat melipat kertas
2. Dapat mengelompokkan benda-benda yang tidak serupa
3. Dapat membangun menara dari 10 balok
4. Dapat menggambar benda yang dikenal yang berarti bagi
anak
4. Dapat membuat garis mendatar, tegak
lurus dan lingkaran
6. Dapat menggunting kertas diantara dua garis
|
I.
Kognitif
A. Mengenal pengetahuan umum.
|
1. Menemukan/mengenali bagian yang hilang dari suatu
pola gambar seperti pada gambar wajah orang, mobil, dsb.
2. Menyebutkan berbagai nama makanan dan rasanya (garam, gula atau cabai).
3. Memahami perbedaan antara dua hal dari jenis yang sama seperti
membedakan antara buah rambutan dan pisang; perbedaan antara ayam dan kucing.
|
1. Dapat mengenal fungsi benda dengan
benar
2. Dapat mengelompokkan benda berdasarkan bentuk,warna, ukuran dan fungsi
secara sederhana
3. Ikut dalam kegiatan membaca dengan
mengisi kata-kata
atau kalimat yang kosong
4.
Dapat menunjuk kan dan menyebut kan
anggota tubuhnya
5. Dapat mencocok kan hingga 11 warna
6.
Dapat menunjuk hingga 6 warna yang disebutkan
7. Dapat menyebut
kan dua warna dasar
8. Dapat mencocok
kan dua bentuk (lingkaran dan bujur sangkar)
9. Dapat
menunjuk kan dua bentuk yang diminta (lingkaran dan
bujur sangkar)
10.Dapat
memahami konsep banyak / sedikit, kecil / besar, penuh / kosong, ringan / berat,
pendek / tinggi, kurus/gemuk, lurang /
lebih, pendek / panjang
11.Dapat
memahami konsep buka/tutup, depan/belakang. Keluar/
masuk, dibelakang/ di depan, dasar/atas, di atas/di bawah
12.Dapat mengklasifi
kasikan sekitar empat macam benda
13.Dapat mengerti
apa yang harus dilakukan dalam situasi tertentu
14.Dapat mengenal
sedikitnya sembilan fungsi benda
|
B. Mengenal konsep ukuran, bentuk, dan pola
|
1. Menempatkan benda dalam urutan ukuran (paling
kecil-paling besar).
2.
Mulai mengikuti pola tepuk tangan.
3.
Mengenal konsep banyak dan sedikit
|
|
IV. Bahasa
A.
Menerima Bahasa
|
1.
Pura-pura membaca cerita bergambar dalam buku dengan kata-kata sendiri.
2.
Mulai memahami dua perintah yang diberikan bersamaan contoh: ambil mainan
di atas meja lalu berikan kepada ibu pengasuh atau pendidik.
|
1.
1. Dapat menjawab pertanyaan “siapa”,
“mengapa”, “dimana”
2.
Dapat bertanya pertanyaan “kapan”,
“bagaimana”
3.
Dapat merangkai kalimat dengan 4 buah
kata
4.
Dapat menyebutkan jenis kelaminnya,
usia dan saudaranya
5.
Dapat mengerti dan melaksanakan dua
perintah sederhana
6.
Dapat mengenali, menirukan, dan mengetahui suara-suara
benda dan binatang
7.
Dapat menunjukkan 13 gambar yang dikenalnya
8.
8. Dapat menyebutkan hingga 10 gambar yang dikenalnya
|
B.
Mengungkapkan
Bahasa.
|
1. Mulai menyatakan keinginan dengan mengucapkan kalimat sederhana (saya
ingin main bola)
2.
Mulai menceritakan pengalaman yang dialami dengan cerita sederhana.
|
|
V. Sosial-Emosional
Mampu mengendalikan emosi
|
1. Mulai bisa melakukan buang air kecil tanpa bantuan.
2. Bersabar menunggu giliran.
3. Mulai menunjukkan sikap toleran sehingga dapat bekerja dalam kelompok.
4. Mulai menghargai orang lain.
5. Bereaksi terhadap hal-hal yang dianggap tidak benar (marah apabila
diganggu atau diperlakukan berbeda).
6.
Mulai menunjukkan ekspresi me-nyesal ketika melakukan kesalahan.
|
1. Mulai bisa menunggu giliran
2. Dapat bermain bersama tetapi dengan pengawasan orang
dewasa
3. Dapat menunggu giliran tetapi dengan dibantu
4. Mempunyai teman khayalan
5. Dapat
menggunakan balok atau benda lain untuk membuat bangunan sederhana
6. Dapat mengikuti aktivitas sedikitnya 20 menit
7. Dapat bekerja dalam kelompok kecil selama lima – 12 menit
8.Dapat
menggunakan balok atau benda lain untuk memba-ngun bangunan yang lebih kompleks
|
VI. Seni
|
|
1. Dapat
menyanyi kan lagu anak-anak lengkap sesuai irama dengan gerakan
2. Dapat membuat
bunyi-bunyian dengan berbagai alat/ benda
3. Dapat
menggambar/ Melukis dengan jari
|
VI. Ketrampilan Hidup
|
|
1. Dapat mengguna
kan sisi garpu untuk memotong makanan empuk
2. Dapat mengguna
kan serbet
3. Dapat
melepas pakaian sendiri kecuali untuk baju yang harus ditarik ke atas
4. Dapat
mengenakan celana atau rok yang menggunakan karet pinggang
5. Dapat
mengenakan rok
6. Dapat
mengenakan pakaiannya yang ditarik ke atas
7. Dapat
mengenakan pakaian sendiri kecuali untuk mengencangkan
8. Dapat membuka
kancing baju
9. Dapat
mengancingkan baju
10.Dapat menarik
retsleting
11.Dapat
mengenakan kaos kaki
12.Tahu sepatu
kiri dan kanan
13.Mencoba untuk
menalikan sepatu tapi belum benar
14.Dapat
mengancingkan baju dengan kancing yang kecil
15. Berusaha untuk
cebok sendiri
16. Dapat menyiram
WC
17. Dapat Cuci
tangan dengan sabun tanpa bantuan
18. Dapat membasuh
muka dengan bantuan
19. Dapat memutar
tombol keran
20. Dapat
mongering kan wajah tanpa dibantu
21. Dapat
menggosok gigi dengan bantuan
22. Dapat Berkumur
dan membuang airnya
|
Jepalo
, Juli 2008
Kepala
KB
TUNAS BANGSA
SRI SUKATI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar