Kamis, 02 April 2015

TPP


TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN
KB TUNAS BANGSA

Tingkat Pencapaian Perkembangan Kelompok Usia 3 - <4 Tahun
Lingkup Perkembangan
Tingkat Pencapaian Perkembangan 3  –  <4 tahun
Permen 58
Menu Generik
I.  Nilai-nilai Agama dan
   Moral
 

1.      Mulai memahami pengertian perilaku yang berlawanan meskipun belum selalu dilakukan seperti pemahaman perilaku baik-buruk, benar-salah, sopan-tidak sopan.
2.      Mulai memahami arti kasihan dan sayang kepada ciptaan Tuhan.
3.      Dapat mengucapkan do’a & lagu keagamaan secara sederhana
4.      Dapat meniru gerakan ibadah secara sederhana
5.      Dapat mengenal & menyayangi ciptaan Tuhan
6.      Dapat mengenal sopan santun dan mulai berperilaku saling menghormati sesama
1. Dapat menyanyi kan lagu bernuansa imtaq (1 – 3 lagu)
2. Dapat berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan serta menirukan sikap berdoa
3. Dapat menirukan gerakan ibadah dengan tertib
4. Dapat menyimak dengan baik cerita bernuansa imtaq
5. Dapat meniru dan menyebut kan nama-nama dan beberapa sifat Tuhan
6. Dapat menunjuk kan rasa sayang dan cinta kasih kepada ciptaan Tuhan
7. Dapat mengucap kan syair atau pantun imtaq
8. Dapat menirukan ucapan yang baik
9. Dapat mengucap kan terima kasih setelah menerima sesuatu (dengan meniru)
10. Dapat mengucap kan salam
11. Dapat mengenal kata-kata santun (maaf, tolong)
12. Dapat menghargai teman dan tidak memaksakan Kehendak
II. Motorik
A.Motorik Kasar
1. Berlari sambil membawa sesuatu yang ringan (bola).
2. Naik-turun tangga atau tempat yang lebih tinggi dengan kaki bergantian.
3. Meniti di atas papan yang cukup lebar.
4. Melompat turun dari ketinggian kurang lebih 20 cm (di bawah tinggi lutut anak).
5. Meniru gerakan senam sederhana seperti menirukan gerakan pohon, kelinci melompat).
1. Dapat berdiri dengan satu kaki bergantian
2. Dapat berdiri dengan satu kaki
3. Dapat berjalan kedepan dengan tumit
4. Dapat naik tangga dengan kaki bergantian sambil berpegang pada pegangan tangga
5. Dapat menuruni tangga dengan kaki bergantian sambil memegang pegangan tangga
6. Dapat melompat dengan dua kaki ke berbagai arah
7. Dapat melompat dengan satu kaki ke berbagai arah
8. Dapat Melompat dengan dua kaki melewati rintangan
9. Dapat melompat dengan satu kaki melewati rintangan
10.Dapat menendang bola dengan kaki berayun kedepan dan belakang
11.Dapat berjalan ke depan di balok titian dengan tangan direntangkan
12.Dapat menangkap bola yang dipantulkan dengan dada
13.Dapat menangkap bola yang dipantulkan dengan kedua tangan
  B.Motorik Halus
1   Menuang air, pasir, atau biji-bijian ke dalam  tempat penampung (mangkuk, ember).
1.     Memasukkan benda kecil ke dalam botol (potongan lidi, kerikil, biji-bijian).
2.     Meronce manik-manik yang tidak terlalu kecil dengan benang yang agak kaku.
3.     Menggunting kertas mengikuti pola garis lurus.
1. Dapat melipat kertas
2. Dapat mengelompokkan benda-benda yang tidak serupa
3. Dapat membangun menara dari 10 balok
4. Dapat menggambar benda yang dikenal yang berarti  bagi anak
4.   Dapat membuat garis mendatar, tegak lurus dan lingkaran
6. Dapat menggunting kertas diantara dua garis
I.     Kognitif
A.   Mengenal pengetahuan umum.

1.   Menemukan/mengenali bagian yang hilang dari suatu pola gambar seperti pada gambar wajah orang, mobil, dsb.
2.   Menyebutkan berbagai nama makanan dan rasanya (garam, gula atau cabai).
3.   Memahami perbedaan antara dua hal dari jenis yang sama seperti membedakan antara buah rambutan dan pisang; perbedaan antara ayam dan kucing.
1. Dapat mengenal fungsi benda dengan benar
2. Dapat mengelompokkan benda berdasarkan bentuk,warna, ukuran dan fungsi secara sederhana
3. Ikut dalam kegiatan membaca dengan mengisi kata-kata atau kalimat yang kosong
4.   Dapat menunjuk kan dan menyebut kan anggota tubuhnya
5. Dapat mencocok kan hingga 11 warna
6. Dapat menunjuk hingga 6 warna yang disebutkan
7. Dapat menyebut kan dua warna dasar
8. Dapat mencocok kan dua bentuk (lingkaran dan bujur sangkar)
9. Dapat menunjuk kan dua bentuk yang diminta (lingkaran dan bujur sangkar)
10.Dapat memahami konsep banyak / sedikit, kecil /  besar, penuh / kosong, ringan / berat, pendek / tinggi,  kurus/gemuk, lurang / lebih, pendek / panjang
11.Dapat memahami konsep buka/tutup, depan/belakang. Keluar/ masuk, dibelakang/ di depan, dasar/atas, di atas/di bawah
12.Dapat mengklasifi kasikan sekitar empat macam  benda
13.Dapat mengerti apa yang harus dilakukan dalam situasi tertentu
14.Dapat mengenal sedikitnya sembilan fungsi benda
B. Mengenal konsep ukuran, bentuk, dan pola
1.      Menempatkan benda dalam urutan ukuran (paling kecil-paling besar).
2.   Mulai mengikuti pola tepuk tangan.
3.   Mengenal konsep banyak dan sedikit
IV. Bahasa
A.        Menerima Bahasa


1.      Pura-pura membaca cerita bergambar dalam buku dengan kata-kata sendiri.
2.      Mulai memahami dua perintah yang diberikan bersamaan contoh: ambil mainan di atas meja lalu berikan kepada ibu pengasuh atau pendidik.
1.      1. Dapat menjawab pertanyaan “siapa”, “mengapa”,   “dimana”
2.      Dapat bertanya pertanyaan “kapan”, “bagaimana”
3.      Dapat merangkai kalimat dengan 4 buah kata
4.      Dapat menyebutkan jenis kelaminnya, usia dan  saudaranya
5.      Dapat mengerti dan melaksanakan dua perintah sederhana
6.      Dapat mengenali, menirukan, dan mengetahui suara-suara benda dan binatang
7.      Dapat menunjukkan 13 gambar yang dikenalnya
8.      8. Dapat menyebutkan hingga 10 gambar yang dikenalnya
B.        Mengungkapkan Bahasa.
1.     Mulai menyatakan keinginan dengan mengucapkan kalimat sederhana (saya ingin main bola)
2.   Mulai menceritakan pengalaman yang dialami dengan cerita sederhana.
V.  Sosial-Emosional
Mampu mengendalikan emosi

1.      Mulai bisa melakukan buang air kecil tanpa bantuan.
2.      Bersabar menunggu giliran.
3.      Mulai menunjukkan sikap toleran sehingga dapat bekerja dalam kelompok.
4.      Mulai menghargai orang lain.
5.      Bereaksi terhadap hal-hal yang dianggap tidak benar (marah apabila diganggu atau diperlakukan berbeda).
6.      Mulai menunjukkan ekspresi me-nyesal ketika melakukan kesalahan.
1. Mulai bisa menunggu giliran
2. Dapat bermain bersama tetapi dengan pengawasan orang dewasa
3. Dapat menunggu giliran tetapi dengan dibantu
4. Mempunyai teman khayalan
5. Dapat menggunakan balok atau benda lain untuk membuat bangunan sederhana
6. Dapat mengikuti aktivitas sedikitnya 20 menit
7. Dapat bekerja dalam kelompok kecil selama lima – 12 menit
8.Dapat menggunakan balok atau benda lain untuk memba-ngun bangunan yang lebih kompleks
VI.  Seni



1. Dapat menyanyi kan lagu anak-anak lengkap sesuai irama dengan gerakan
2. Dapat membuat bunyi-bunyian dengan berbagai alat/  benda
3. Dapat menggambar/ Melukis dengan jari
VI. Ketrampilan Hidup



1. Dapat mengguna kan sisi garpu untuk memotong makanan empuk
2. Dapat mengguna kan serbet
3. Dapat melepas pakaian sendiri kecuali untuk baju yang harus ditarik ke atas
4. Dapat mengenakan celana atau rok yang menggunakan karet pinggang
5. Dapat mengenakan rok
6. Dapat mengenakan pakaiannya yang ditarik ke atas
7. Dapat mengenakan pakaian sendiri kecuali untuk mengencangkan
8. Dapat membuka kancing baju
9. Dapat mengancingkan baju
10.Dapat menarik retsleting
11.Dapat mengenakan kaos kaki
12.Tahu sepatu kiri dan kanan
13.Mencoba untuk menalikan sepatu tapi belum benar
14.Dapat mengancingkan baju dengan kancing yang kecil
15. Berusaha untuk cebok sendiri
16. Dapat menyiram WC
17. Dapat Cuci tangan dengan sabun tanpa bantuan
18. Dapat membasuh muka dengan bantuan
19. Dapat memutar tombol keran
20. Dapat mongering kan wajah tanpa dibantu
21. Dapat menggosok gigi dengan bantuan
22. Dapat Berkumur dan membuang airnya

                                                                                                                                                                                                                                           
                                                                                                                                                                                                                                                                                                  Jepalo , Juli 2008

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         Kepala
                                                                                                                                               KB TUNAS BANGSA





                                                                                                                                               SRI SUKATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar